Friday, September 21, 2007

siraman rohani ke-2 Ramadhan

Mua'mmalah
Ust. Cecep taufiqurrahman

islam merupakan agama yang sempurna.kesempurnaan itu terdapat beberapa aspek.mengatur perekonomian yang hal itu diwajibkan untuk menghindarkan diri dari riba.muamalat tidak ada bedanya dengan akhlak.karena akhlak sesuat yang menuntun muamalat ini berjalan.mengatur harta tanpa unsur kedzaliman.

Muamalah adalah suatu ruang lingkup yang mengatur kita di luar akidah dan ibadah. Sebenarnya posisi muamalat tidak jauh berbeda dengan posisi akhlak. Muamalah mengatur interaksi kita dengan sesam supaya kita dapat menjadi orang yang tidak merugikan orang lain. Ruang lingkup muamalah sangat luas yaitu meliputi segala aspek kehidupan manusia, misalnya di bidang ekonomi termasuk di dalamnya mengenai larangan riba, utang piutang, dsb; juga etika bertamua termasuk di dalamnya mengenai izin tuan rumah, cara bertamu, dsb; dan masih banyak lagi hal lainnya yang diatur di dalam ilmu muamalah ini.

Muamalah dapat dikatakan sebagai rambu-rambu kehidupan. Karena hanya Allah SWT yang mengetahui isi hati kita. Ibadah tidak hanya bersifat ritual tapi juga yang bersifat sosial yaitu mengenai hubungan kita dengan segala yang ada di sekitar kita.
Mua'mmalah ialah suatu ruang lingkup yang mengatur kita di luar ibadah dan akidah. Selain itu mua'mmalah juga bisa dikatakan sebagai rambu-rambu atau akhlak. Al-Qur'an banyak membahas tentang mua'malah. Seperti contohnya tentang ekonomi. Yaitu, harta. Harta dalam Al-Quran mengatur tentang prinsipil. Yang nantinya akan dilaksanakan serta dikembangkan oleh manusia.

Surat An-nur ayat 20 membahas tentang bersilaturrahmi ke rumah orang. Pada ayat berikutnya memberi tahu, jika di rumah orang yang kita kunjungi tidak ada pemiliknya atau orang, maka janganlah kita memasuki rumah tersebut.

Allah swt tidak menginginkan ummatnya bertabrakan antara prinsipil dengan yang lainnya.
Perlu kita ketahui, bahwa seorang yang bunuh diri diakibatkan karena kekosongan rohani. Semoga kita tidak termasuk orang yang kekosongan rohani.


0 comments:

SELAMAT DATANG DI BLOGKU.UNTAIAN KATA-KATA YANG TERPANCAR DI DALAM JIWA.SEMOGA BERMANFAAT BAGI YANG MEMBACA.