Friday, September 21, 2007

siraman rohani ke-1 Ramadhan

Ramadhan

oleh : Ust. Mukhlason Jalaludin

pada bulan ramadhan hari yang pernuh dengna keberkahan bulan ramadhan.akan ditingkatkan pahalanya dengan syarat melakukan kebajikan.puasa artiya saum.menahan dari sesuatu sifat yang membatalkan didalam berpuasa kita dituntut untuk melakukan kegiatan terpuji.
Bulan Ramdhan adalah bulan yang penuh dengan rahmat. Allah menjanjikan orang-orang yang telah melaksanakan puasa dengan sepenuh hati dan selalu melakukan kebajikan, maka dosa-dosanya akan diampuni oleh Allah swt. Tempat yang paling mulia di sisi Allah swt ialah tempat orang-orang yang bertakwa kepadaNya.

Puasa ialah ibadah yang berbeda dengan ibadah-ibadah lainnya. Karena seorang yang sedang berpuasa harus menahan lapar, haus, amarah serta nafsu dari terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.

Rasulullah pernah berkata, shalat sunnat di rumah lebih baik dari pada shalat sunnat di masjid. Namun keduanya sama-sama mendapat pahala. Shalat sunnat di rumah bisa membawaa berkah dan pahalanya berlipat ganda.

Pada bulan Ramadhan dianjurkan kepada umat Islam untuk memperbanyak beribadah. Perbanyak membaca Al-Quran, berdzikir, bersalawat, bersedekah, dan lain sebagainya.

Membaca Al-Quran pada bulan Ramdhan sangat besar pahalanya. Satu huruf yang kita baca sudah mendapat 7x pahala. Bagai mana jika kita membaca beribu-ribu huruf? [Alhamdulillah banget]

Memperbanyak sedekah bisa melatih kita menjadi orang yang tidak mampu. Selain itu juga untuk membagi harta kita pada orang-orang yang tidak mampu dan sekitarnya.


"Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah yang bertakwa"

Puasa disebut pula Sayyidusy-Syuhur juga Syahrul Qur'an karena al-Quran diturunkan di bulan ini. Salah satu keisitmewaan bulan Ramadhan adalah pahala segala ibadah dilipatgandakan. Baik itu ibadah bajib maupun sunnah. Maka di dalam bulan ini, kita sebaiknya lebih rajin memohon ampunan dosa kepada Allah.

Ibadah puasa adalah menahan diri dari makan dan minum dari mulai terbit matahari hingga terbenamnya. Namun, puasa tidak hanya menuntut kita untuk tidak makan dan minum, melainkan juga menahan diri dari segala hawa nafsu yang tidak diridhai oleh Allah. KIta juga dituntut untuk memperbanyak diri untuk melakukan prebuatan-perbuatan terpuji. Orang yang berpuasa adalah orang-orang yang rela meninggalkan cintanya kepada dunia demi Tuhannya.

Beberapa tips yang dapat kita lakukan di bulan Ramadhan adalah::
-- Hindari segala bentuk hiburan yang selama ini membuat kita lupa terhadap ibadah-ibadah penting
-- Tata kembali solat 5 waktu kita. Bagi yang masih bolong2, untuk membiasakan diri melaksanakan lengkap. Dan bagi yang sudah lengkap, diusahakan untuk membiasakan diri untuk mendirikan solat2 sunnah lainnya disamping solat wajibnya.
-- Usahakan untuk menghias rumah dengan sering2 beribadah di dalamnya.
-- Membaca Al-Quran sebanyak2nya dan merenungkan maknanya.
-- Perbanyak berdzikir
-- Perbanyak mengeluarkan sedekah.

0 comments:

SELAMAT DATANG DI BLOGKU.UNTAIAN KATA-KATA YANG TERPANCAR DI DALAM JIWA.SEMOGA BERMANFAAT BAGI YANG MEMBACA.