Friday, September 7, 2007

bagaimana cara berperilaku makan yang sehat???

Makan yang baik bukan berarti diet dan diet terus. Faktanya, individu yang berdiet sering tidak berpengarauh pada dirinya bahkan bisa memberi efek buruk karena badan lebih berat daripada sebelum melakukan diet. Cara terbaik untuk tetap pada berat badan sehat adalah membuat pilihan makanan sehat setiap harinya. Untuk beberapa dari kita, mungkin akan merubah pola pikir kita terhadap makanan. Daripada memikirkan makanan secara emosional lebih baik memikirkan cara untuk mempraktikkan bagaimana memberi bahan bakar pada tubuh kita.

Berikut beberapa tips makan sehat menjadi bagian hidup kita:
1. Gantilah soft drink dengan jus buah atau minuman olahraga yang berisi gula dengan air, susu rendah lemak atau minuman bebas gula santai.
2. Makanlah paling tidak lima porsi buah dan sayuran dalam sehari. Serat akan membantu dan kamu akan mendapatkan nutrisi dan rasa yang membuat tubuh tetap nyaman.
3. Pilihlah makanan dari semua jenis kelompok makanan. Termasuk roti beras dan protein tiap makan untuk memenuhi kebutuhan menu vegetarianmu.
4. Pilihlah fast food yang lebih sehat, pilihlah ukuran burger yang lebih kecil dan pilih salad daripada kentang goreng. Tapi, lebih baik menghindari fast food.
5. Pertahankan keberadaan makanan sehat di rumah. Jika orang tuamu belum mengerti kebutuhan makanan sehatmu, maka beritahu mereka. 6. Bawalah makanan sehatmu ke mana saja kamu pergi. Hal ini bisa menghindarimu mengonsumsi makanan dari toko di sekitar.
7. Cobalah stik wortel, potongan buah, dan makanan buatan sendiri daripada kue, kripik, atau makanan cepat saji yang mengandung banyak lemak dan kaloriories.
8. Makan saat lapar. Jika ingin makan karena sedang bosan, desak pikiranmu untuk melakukan hal lain selain makan.
9. Konsumsi makanan sehat tiap hari.
10. Jangan makan cemilan saat menonton televisi atau saat santai, karena kamu bisa saja mengonsumsi lebih dari kebutuhan tubuh.
11. Perhatikan porsi makan. Jika porsi besar, kurangi menjadi setengahnya atau berbagi dengan teman. fia/teenhealth

0 comments:

SELAMAT DATANG DI BLOGKU.UNTAIAN KATA-KATA YANG TERPANCAR DI DALAM JIWA.SEMOGA BERMANFAAT BAGI YANG MEMBACA.