Wednesday, September 12, 2007

gimana sih caranya menyembuhkan perasaan terluka???


Jika kamu merasa tertekan dan ingin segera keluar dari situasi itu, ada beberapa pendekatan yang dapat membantumu. Bagi individu yang sedang tertekan, melakukan sesuatu yang berbeda bisa menjadi perubahan besar. Membuat perubahan membutuhkan waktu, karena dirimu mempelajari cara-cara baru yang belum pernah dijumpai sebelumnya dan membiarkan diri keluar dari rasa putus asa. Tetapi seorang terapis atau penasihat dapat lebih membantu dirimu untuk sembuh dari luka dan menggunakan kekuatanmu untuk tetap bertahan.

Mulailah menyadari situasi yang bisa memicu dirimu mengalami luka perasaan. Buatlah komitmen bahwa dirimu bahwa saat ini tidak akan pasrah pada rasa putus asa, tapi akan melakukan hal lain untuk melawannya. Lalu buatlah rencana yang akan dilakukan jika menemui saat-saat putus asa.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat dicoba saat ingin keluar dari rasa tertekan. Dibagi dalam beberapa kategori, karena individu mengalami rasa tertekan dengan alasan yang berbeda-beda. Jadi, teknik tertentu akan bekerja lebih baik pada beberapa orang dibanding yang lainnya.

Lihatlah pada semua tips dan cobalah salah satunya yang kira-kira bisa berhasil pada dirimu. Kamu butuh untuk mencobanya karena tidak semua tips yang ada bisa berhasil pada semua orang. Sebagai contoh, beberapa pembaca harus mengatakan bahwa memukul diri sendiri dengan karet dapat menghilangkan rasa tertekan, tetapi yang lainnya justru mengatakan hal itu memicu kita memukul lebih keras saat tertekan yang akhirnya menyakiti diri kita sendiri.

Jika satu tips tidak tepat buat kamu, tidak apa-apa. Gunakan kreativitas untuk menemukan ide yang lebih baik. Atau bicaralah dengan ahli terapi untuk mendapatkan ide lain yang sekiranya pas untuk kita. Idenya adalah mencari pengganti untuk menghentikan rasa tertekan, sesuatu yang membuatmu puas tanpa harus melakukan hal-hal yang berbahaya.

Kamu juga akan menemukan bahawa salah satu dari ide-ide ini cocok buat kamu sesekali meski tidak selalu. Hal itu juga tidak apa-apa. Apa yang dibutuhkan seseorang bisa sangat beragam dari waktu ke waktu dan dari situasi ke situasi.

Teknik-teknik berikut akan membantu kamu berpikir bagaimana mengatasi rasa tertekan. Semakin banyak yang kamu pelajari tentang apa saja di balik perilaku putus asa, semakin baik kamu bisa memahami dan membangun cara sehat untuk sembuh dari rasa sakit.

Perasaan terluka akan hilang jika menunggunya pergi. Jauhkan dirimu dengan melakukan hal lain yang dapat membantu waktu berlalu dan mendapatkan pikiranmu keluar dari tekanan ini. Semakin lama menunggu tanpa membiarkannya mempengaruhimu, semakin berkurang tekanan yang dirasakan dari waktu ke waktu.

Hal-hal yang Bisa Dicoba

1. Teleponlah teman dan bicarakan sesuatu yang berbeda.
2. Cobalah mandi (yakinkan tidak ada pisau cukur di dalam kamar mandi).
3. Pergilah untuk sekedar jalan-jalan atau berlari-lari, naik sepeda, berjoget, atau lakukan kegiatan lain.
4. Bermain bersama binatang peliharaan.
5. Menonton televisi (ubahlah stasiun televisi yang membuat suasana hati sedih).
6. Minumlah segelas air.

Lakukan hal-hal yang bisa membuatmu lebih tenang. Terkadang, individu yang tertekan akibat dari rasa agitasi atau kemarahan, sering tidak memahami rasa itu. Meskipun kamu tidak tahu mengapa dirimu merasa tertekan, sangatlah layak untuk mencoba ide-ide ini:

1. Bermain bersama binatang peliharaan.
2. Mandilah atau berendamlah di bak mandi.
3. Dengarkan lagu ringan yang bisa membuat mood-mu berubah baik.
4. Cobalah untuk latihan pernapasan.
5. Cobalah latihan yoga yang membuat rilaks.

Hal-hal yang membantu dirimu mengekspresikan rasa sakit hati yang terlalu kuat dan mendalam:
1. Gambarlah sesuatu pada kertas dengan tinta merah.
2. Tulislah rasa sakit yang dirasakan, rasa marah dengan tinta di atas kertas.
3. Ciptakan lagu atau puisi yang mengekspresikan apa yang sedang kamu rasakan.
4. Dengarlah musik yang berbicara tentang perasaan yang sedang menderamu.

Kegiatan pengganti ini belum tentu berhasil untuk semua orang. Dan, juga tidak membantu individu memahami tekanan yang mereka rasakan. Apa saja ide yang ada di atas hanya menyediakan cara cepat untuk membebaskan diri dari tekanan dan menghindari perbuatan yang membahayakan diri kita.

1 comments:

sayurs said...

kalo menurutku hal-hal tersebut hanya mengalihkan rasa terluka yang ada untuk sementara, belum sampai pada menyembuhkan..
Btw, itu juga sangat membantu, minimal kita bisa menemukan semangat lagi, ya kan bunda ?

SELAMAT DATANG DI BLOGKU.UNTAIAN KATA-KATA YANG TERPANCAR DI DALAM JIWA.SEMOGA BERMANFAAT BAGI YANG MEMBACA.